Monday, November 9, 2009

Tips Berinternet Aman di Warnet

Posting ini terinspirasi dari sebuah percakapan dengan teman di YM (Yahoo Messenger). Teman saya tersebut mengeluh karena email yahoo nya tidak bisa diakses sebab passwordnya telah diganti orang lain. Setelah diinterogasi, teman saya tadi menjelaskan kalau dirinya memang sering ber internet ria di warnet, membuka email, chatting dan browsing. Warnet memang salah satu tempat paling rawan bagi para netter (pengguna internet) untuk kehilangan informasi/data rahasianya (user dan password). User dan password adalah pintu gerbang untuk mengakses informasi apapun yang bersifat rahasia. Sehingga wajib hukumnya untuk menjaga keduanya tetap dalam kondisi terahasiakan terutama jika kita sering ber internet ria dengan menggunakan komputer orang lain, misalnya di warnet. Mengapa rawan ? Sebab warnet adalah tempat umum yang bisa diakses siapa saja dan berpotensi besar terhadap serangan virus dan trojan. Virus adalah code jahat yang merusak file dan trojan adalah kode jahat yang bisa mengirimkan informasi apa saja yang ada dalam komputer ke orang lain. Salah satu jenis trojan yang sering dipasang / disusupkan ke dalam komputer adalah KEY LOGGER (KL). KL ini akan merekam semua aktivitas keyboard dan mouse dan menyimpannya dalam suatu file yang bisa dibaca pemasang KL ini. Jadi walaupun password anda disembunyikan dengan tanda bintang-bintang tetap akan bisa terbaca karena aktivitas keyboard selalu terekam.
Berikut adalah saran-saran berinternet aman di warnet.

Yang tidak boleh dilakukan di warnet :
1. Transaksi elektronik / e-banking / kartu kredit
2. Aktivitas emailing yang sangat rahasia, misalnya email perusahaan
3. Memilih remember password di browser atau di halaman website
4. Chatting menggunakan email id dari email yang bersifat rahasia. Misalnya, Yahoo Messenger menggunakan yahoo mail id, Google Talk menggunakan Gmail id. Sebaiknya buat account email baru khusus untuk chatting dan tidak untuk berkirim email.

Jika keadaan memaksa kita melakukan larangan di atas maka berikut tips nya agar tetap aman berinternet di warnet :

1. Untuk larangan melakukan transaksi elektronik / e-banking / kartu kredit tetap mutlak tidak boleh dilakukan di warnet karena bisa menguras kocek Anda.

2. Gunakan browser yang aman misalnya Mozilla Firefox dan jangan menggunakan Internet Explorer. (Silahkan baca artikel mengenai Firefox yang lebih aman dibandingkan Internet Explorer di http://www.pcadvisor.co.uk/news/index.cfm?newsid=8762)

3. Gunakan aplikasi portable yang kita simpan dalam mobile storage, misal USB FlashDisk. Aplikasi portable ini bisa didapatkan resmi dan gratis di www.portableapps.com. Portable Application adalah aplikasi yang bisa langsung dijalankan tanpa instalasi. Dalam www.portableapps.com terdapat banyak aplikasi yang mendukung kegiatan internet ria kita. Misalnya Firefox internet browser, Gaim internet messenger, Thunderbird email, OpenOffice suite dll. Dan semua aplikasi tersebut tinggal double klik dan jalan dengan sempurna seperti aplikasi yang diinstal di komputer. Kita juga bisa membuat aplikasi portable sendiri menggunakan Thinstall seperti pada tutorial yang telah saya buat sebelumnya.

4. Lakukan scanning virus secara online (via internet) jika kita tidak yakin dengan antivirus yang dipasang di warnet. Gunakan Google dengan keyword : Online virus scanner. Maka akan muncul hasil pencarian para penyedia jasa online virus scanner. Misalnya www.kaspersky.com/scanforvirus. Antivirus ini untuk mengantisipasi keberadaan Key Logger trojan yang mungkin ditanam dalam komputer warnet.

Demikian beberapa saran agar aktifitas internet yang kita lakukan tetap aman terutama di warnet. Semoga bermanfaat.

(sumber : www.isparmo.web.id)

No comments:

Post a Comment